14 Mei 2011

memaafkan

sampai sekarang aku masih belum mengerti apa arti dari memaafkan.
baik memaafkan orang lain, memaafkan diri sendiri, bahkan memaafkan masa lalu.

yang aku lakukan sekarang terhadap kesalahan-kesalahan orang lain, kesalahan diri sendiri, maupun kesalahan masa laluku aku jadikan pelajaran, aku tidak memiliki dendam apapun untuk membalas kesalahan-kesalahan itu, tapi aku tidak bisa melupakannya. kesalahan-kesalahan itu terlalu berharga untuk dilupakan.

sikapku mengatasi kesalahan orang lain yang sangat berat adalah memberanikan diri menyatakan kesalahan orang itu langsung pada orang yang bersangkutan, tidak memiliki dendam apapun bahkan untuk mengulangi perbuatan yang sudah dilakukannya. untuk beberapa kesalahan besar yang menyangkut kesalahan diriku sendiri, kesalahan itu tidak aku lupakan. tapi kesalahan yang tidak ada hubungannya dengan kesalahanku biasanya dengan mudah aku lupakan keesokan harinya. untuk kesalahan-kesalahan besar, aku ingat itu, dan tidak mendekati orang itu lagi agar tidak mendapat masalah yang sama.

sama halnya dengan mengatasi masa laluku, aku tidak memiliki dendam apapun untuk menyakiti orang-orang yang merusak masa laluku. tapi bedanya, kadang aku menggunakan alasan masalaluku untuk melakukan sesuatu sekarang, yang bisa jadi buruk. misalnya, aku tidak mendapatkan perhatian dari orang-orang sekitarku saat kecil, dan itu membuatku sekarang melakukan banyak hal untuk mendapatkan perhatian yang aku inginkan dari orang-orang sekitarku, dan tindakanku untuk mendapatkan perhatian tidak selamanya baik.

yang paling sulit bagiku adalah mengatasi kesalahan diriku sendiri. kadang aku masih menangis ketika teringat tindakan-tindakan memalukanku dulu; aku mencelakakan orang lain, aku mencuri, aku bohong, aku merugikan orang lain, aku merusak nama baik orang lain. yang bisa aku lakukan hanya berbuat lebih baik saat ini, meskipun masih melakukan kesalahan-kesalahan.

semua tindakan itulah caraku mengatasi kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam hidupku, dan selama hidupku sampai saat ini, aku masih belum tahu apa artinya memaafkan. apakah caraku mengatasi kesalahan itu adalah memaafkan atau tidak memaafkan. aku tidak tahu.

2 komentar:

tulis saja apa yang kau pikirkan