23 April 2011

kenapa aku suka hampir mati dengan dorama jepang

aku suka hampir mati dengan dorama jepang.
aku suka ceritanya, aku suka nontonnya, aku hampir hafal nama-nama artisnya, aku suka donlot video yang ada artis jepangnya, bertukar file film dengan teman-teman, aku suka mendengarkan soundtracknya, donlot soundtracknya, hingga mempengaruhi orang untuk ikut menonton dorama jepang juga.

alasannya karena sebagian besar dorama jepang itu mendidik. berbeda dengan sinetron indonesia maupun drama korea.

berikut beberapa judul dorama jepang yang aku rekomendasikan beserta alasan singkatnya, diurutkan berdasarkan abjad:

1 liter of tears; belajar kedokteran masalah penyakit langka dan yang utama belajar betapa beratnya perjuangan untuk ikhlas menerima kenyataan perubahan hidup. dari bisa melakukan banyak hal sampai tubuh lumpuh. juga sekalian belajar tetep nulis diary apapun yang terjadi. karena meskipun sekarang kita belum tahu apa manfaat tulisan kita suatu saat pasti ada gunanya buat orang lain tanpa kita sadari.

bloody monday atau biasanya sering aku sebut burradi mandei; bisa belajar teknologi IT di jepang yang udah oke banget. yang kondisinya internetan bisa dimana aja kapan aja dan cepetnya ga nanggung-nanggung. juga belajar tentang kepolisian jepang, juga intelejennya, juga nuklirnya. tapi soundtracknya bikin depresi, gatau kenapa.

buzzer beat; disini belajar dunia basket jepang, juga dunia musik. yang paling utama adalah, kita ndak boleh nyerah sama mimpi kita. apapun yang terjadi.

code blue; ini belajar kedokteran bagian emergency, bagaimana beratnya jadi dokter emergency yang harus memutuskan dengan bijaksana apa tindakan yang harus dilakukan pada pasien. paling keren itu sistem doctor heli, yang nganter dokter ke tempat kejadian langsung dengan cepat. abis liat film ini sedih banget karena kedokteran di indonesia jauh banget ketinggalan dari jepang, masih banyak yang harus dikejar. juga bikin aku sadar kalo nyawa manusia di indonesia hampir ga dihargai, beda banget sama jepang. bagus banget dah.

door to door; ini cerita tentang seorang yang kerkebutuhan khusus karena sakit yang dideritanya, tapi ndak pernah nyerah buat berkarya, ini film dari kisah nyata, dia jadi sales buat produk tertentu yang dateng dari rumah ke rumah, awalnya ditolak mentah-mentah karena kondisi fisiknya yang menyedihkan, tapi dia berusaha semaksimal mungkin, jualan gitu pake hati, jadinya laku dan jadi pemegang rekor salesman dengan penjualan terbanyak di amerika (kisah aslinya orang amerika).

dragon zakura; ini film inspiratif banget buat pendidikan. meskipun kontroversial, sistem pendidikan jepang cram school (sampe nginep-nginep segala), kebukti efektif. ini ngerubah mindset pelajar luar biasa nakal dan bodoh jadi mau belajar dan berjuang buat masa depannya dengan nantangin mereka masuk todai (tokyo daigaku = tokyo university) yang jauh banget dari mimpi mereka. luar biasalah, apalagi kalau ada pelajar indonesia yang ngelakuin cara belajar segila dan sekeren itu. mungkin film ini bisa jadi solusi jangka pendek buat menyelesaikan permasalahan pendidikan indonesia.

gokusen; hampir sama dengan dragon zakura. film ini tentang pendidikan. tapi ndak matok target yang tinggi misalnya masuk todai, sukup dengan jadi manusia yang baik aja dan ga jadi sampah udah jadi tujuan mulia guru yang inspiratif ini. aku nonton film ini sambil berharap mudah-mudahan ada guru begini hebat di indonesia.

great teacher orizuka; ini temanya pendidikan juga. keren lah pendidikan di jepang. sama anak-anak berandalan dan masa depan ndak jelas aja masih dipedulikan dengan adanya guru-guru keren model begini.

marathon; hampir sama dengan door to door, pemainnya sama, mungkin juga produsernya sama, ini menceritakan tentang anak autis yang bisa menang lomba lari marathon. belajar banyak tentang autisme juga jalan terbaik menghadapinya. kekuatan dan dukungan orang-orang sekitar memang dibutuhkan banget kalau ada anak yang autis dalam keluarga. jangan pernah malu sama keadaan anak sendiri.

my girl; ini ceritain hubungan antara ayah dengan anak perempuannya. juga pendidikan usia dini di jepang, juga dunia fotografi. yang bikin terharu itu kedewasaan juga kepekaan anak-anak.

nobuta wo produce; ini cerita tentang persahabatan. sabahat banget padahal awalnya gamau ngaku sahabat. ini tentang pride (gengsi) juga persahabatan.

proposal daisakusen; ini film memang tentang cinta, yang bisa jadi salah satu sumber pembelajaran besar bagii umat manusia dalam hidupnya. tapi yang paling utama dan yang paling aku dari film ini adalah aku ndak boleh menyesal dengan hidupku. aku akan lari untuk ngedapetin apa yang paling aku inginkan. keren banget. aku rekomendasiin film ini buat temen-temenku yang mengalah dan menjadikan cinta ndak harus memiliki sebagai alasan kekalahannya.

sunao ni narenakute; belajar tenatng arti persahabatan, juga efek twitter, terus kebohongan orang-orang dengan orang lain, pengorbanan, juga tentang fotografi.

tokyo dogs; ini film tentang kepolisian jepang yang berusaha ngebongkar kedok bandar narkoba. sebenernya keren karena shun ogurinya keren sih, hehe. tapi paling ndak, ya kita jadi tahu gimana cara kerja polisi jepang. mungkin sama sih kayak polisi di indonesia karena aku ndak tahu banyak tentang kepolisian indonesia, tapi kan di sinetron indonesia polisi yang diliatin itu luarnya aja dan kita ndak bisa belajar apapun dari kemunculan polisi di sinetron.

yoiko no mikata; ini film jepang tentang taman kanak-kanak, seru banget pendidikan anak-anak di jepang, bikin pinter, menginspirasi, dan menghargai tiap karakter anak-anaknya. film ini bikin aku beneran pengen nyekolahin anak-anakku di jepang.

11 komentar:

  1. yap! dan Anda mempengaruhi saya! xD

    BalasHapus
  2. eh jangan jelek-jelekin korea ya! kalo ga suka drama korea jangan bilang jelek! tutup mulut aja bisa kan? gua korean lover and japan hater.but gua kagak jelek-jelekin jepang tuh. diam itu emas. SHUT UP!

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus mo blang apa? emang korea jelek, (^_^v

      Hapus
    2. emang kok,,DraKor ceritanya bertele-tele,, Coba cek berapa banyak Korea meremake Dorama Jepang?? Dan hasilnya Jeblook bgtt kan,, Oke lah BBF sangat booming,,yp dr segi kualitas,,tutup muka deh,,cm menang tampang opals doang,,
      Nah,,sekarang2 ini Korea coba meniru gaya Jepang dgn genre2 berat n oneshoot episodenya,, Brartii Kebukti kan kalo Jepang emang jauuh di depan Korea,,kalo enggak kenapa dtiru Korea.. ^_^

      Hapus
    3. walau saya mengambil jurusan pendidikan bahasa korea dan tinggal di Korea, saya masih mengakui kalau JEPANG masih lebih bagus daripada Korea, drama dan hal lainnya..no offense

      Hapus
    4. korea jelek ta*i wahahaha

      Hapus
  3. keren nad,aku juga hampir mati.. >_<
    oiya tau gak gara2 nonton 1litre of tears aku jadi semangat menulis diary kembali, nad!

    BalasHapus
  4. alhamdulillah kalau yang kita tonton memang banyak memberikan pengaruh yang baik pada kita ya dwin, :)
    ia ndak setengah mati lagi, udah hampir mati, haha

    BalasHapus
  5. setuju drama jepang memang keren banget hehe... sebenarnya aku penggila animenya ce, ceritanya menurutku selalu fokus g bertele2 kaluapun ada romencenya g merusak isi cerita aslinya...
    berbeda dg drama negara asia yg lain sebut za X bumbu dramany merusak inti ceritanya contohnya drama kedokteran dikasih bumbu romence eh... romencenya jd yg dominan.

    BalasHapus
  6. GTO : Great Teacher Onizuka salah satu dorama Jepang yang paling sughoi. banyak nilai yang terkandung dalam dorama ini. coba deh nonton yamada and 7 witch sughoi juga ini dorama. arigatou, jana

    BalasHapus

tulis saja apa yang kau pikirkan