09 Mei 2011

Arus Balik - Pramoedya Ananta Toer

Buatku, Arus Balik merupakan salah satu karya terhebat Pramoedya Ananta Toer, selain Tetralogi Buru dan Arok Dedes. Karena keenam-enamnya menggunakan latar belakang sejarah Bangsa Indonesia yang diriset secara teliti oleh Pram dan dimasukkan secara penuh, seakan-akan buku sejarah yang dinovelkan.

Berbeda dengan buku-buku Pram yang menokohkan seseorang yang terkesan membosankan, misalnya kumpulan tulisan Minke asli sang tokoh utama dalam Tetralogi Buru, maupun kumpulan tulisan dan pemikiran Kartini.

Buku-buku Pram lah yang membuatku sadar bahwa terlalu banyak kemenangan, kekalahan, perjuangan, maupun penghianatan yang telah dilakukan di Bumi Nusantara, namun manusia-manusia sekarang tidak mengambil pelajaran apapun dari masa lalu. Sayang sekali.

Dibanding Tetralogi Buru maupun Arok Dedes, buku Arus Balik inilah yang paling dekat dengan apa yang aku rasakan sekarang; raja-raja yang memanfaatkan rakyatnya, rakyat yang selalu menjadi korban di tengah-tengah peperangan dan ambisi raja-raja, raja-raja yang saling menyerang untuk melupakan siapa sebenarnya musuh utama yang harus dilawan bersama, dan pahlawan yang mencoba sekuat tenaga namun tidak mampu menahan kemerosotan yang terjadi pada zaman itu. Terdengar tidak asing ya dengan kondisi Nusantara saat ini?

Kata-kata penutup novel Pram yang aku suka;
"Demikianlah cerita tentang seorang anak desa lain yang mengemban cita-cita menahan arus balik. Berbeda dari anak desa lain, yang seorang ini tidak berhasil, patah di tengah jalan, namun ia telah mencoba.

Dan kata-kata penutup dariku:
Untuk yang mau belajar dari buku ini, bisa menghubungiku dimana bisa mendapatkannya, karena saat ini setahuku Arus Balik tidak dicetak ulang.

5 komentar:

  1. kita ketemu pas mau nonton konser itu he mas, dan aku itu langsung berangkat dr semarang, bukuku ada di jogja, mau mampir rumahku po pulangnya?

    BalasHapus
  2. dmn bs dapetin ni buku??? jd tertarik pngn baca, aq googling koq sepertinya banyak yg bilang kalo ni buku dah jd buku langka, gak dicetak ulang. mohon informasinya yaa... tq :)

    BalasHapus
  3. bung, dimana bisa dapatkun ni buku
    2 tahun nyarinya gk dapat2...
    tabik

    BalasHapus
  4. mas yaumil dan mba putih biru langitku nyari buku Arus Balik ya? saya punya hanya fotokopiannya, apa tidak apa?

    saya berdomisili di Yogyakarta,
    hubungi saya saja ya,
    mudaberanidanberbahaya@gmail.com

    maaf balasnya lama, saya dua bulan ini diasingkan ke luar pulau jawa :p

    BalasHapus

tulis saja apa yang kau pikirkan