12 September 2011

ketergantungan

aku tidak suka orang yang terlalu bergantung pada orang lain.

meminta bantuan itu bukan tidak boleh, tapi meminta bantuan orang lain bagiku adalah hal terakhir yang akan aku lakukan setelah berusaha dengan kekuatanku sendiri meskipun gagal.

aku tidak suka orang yang terlalu bergantung pada orang lain, termasuk pada diriku sendiri ketika aku terjebak dalam ketergantungan. kualitas pekerjaanku menjadi tergantung pada baik atau tidaknya pekerjaan orang lain. aku tidak bisa selamanya menggantungkan hidupku pada orang lain. aku tahu banyak orang baik di dunia ini, tapi tidak banyak orang yang bisa aku andalkan. jadi bagiku yang paling bisa aku andalkan di dunia ini selain Tuhanku adalah diriku sendiri.

jika lebih didalami, terdapat sifat dualisme dalam sikapku ini. sisi pertama, aku orang yang mandiri dalam melakukan banyak hal. banyak hal terjadi dalam hidupku dan banyak pilihan yang aku ambil karenanya termasuk pilihan untuk hanya mengandalkan diriku sendiri. sisi sebaliknya, aku terlalu individualis dalam melakukan banyak hal, aku tidak dengan mudah melakukan kerjasama dengan orang lain, juga tidak bisa mempercayakan hidupku pada orang lain.

sikapku yang berlebihan itu sedikit banyak membuatku mengklasifikasikan kerjasama sebagai ketergantungan. sehingga beberapa pekerjaan yang dianggap orang lain sebagai tugas bersama aku anggap sebagai tugas saling ketergantungan dan aku memilih untuk mengerjakannya sendiri.

inilah yang masih belum aku pahami dan seharusnya aku pelajari lebih dalam lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis saja apa yang kau pikirkan