16 September 2011

anak muda indonesia dan indonesianya

negara ini punya banyak sekali masalah, terlalu banyak masalah yang harus diselesaikan. adanya masalah itu normal.

yang tidak normal adalah tidak adanya orang yang berpikir jernih yang mau menyelesaikan masalah itu pada intinya. orang-orang kebanyakan mementingkan diri dan kelompoknya sendiri dalam penyelesaian masalah-masalah. tidak terbuka pada pilihan jawaban yang benar dan tidak memihak.

hal itu lah yang membuat negara ini diambang kehancuran.

aku yakin, semua anak muda indonesia bermimpi menyelamatkan negara ini dari kehancuran. sekecil apapun mimpi itu, ia ada di dalam hati tiap-tiap anak muda indonesia. pada awalnya bermula dari pemikiran ada yang salah dari negara ini, kemiskinan yang tidak pernah diselesaikan, penanggulangan banjir yang menunggu banjir besar, pengemis di jalanan yang seharusnya dilindungi negara. ada yang salah dari negara ini.

lalu anak-anak muda mencoba membaca keadaan, menonton tivi, membaca koran, ikut diskusi di warung-warung kopi bersama orang-orang yang lebih tua, dan lain-lain. itu semua untuk membantu memahami, bagian mana yang menyebabkan kesalahan beruntun itu, dan mencoba menyelesaikannya.

anak-anak muda indonesia, dengan pikirannya yang masih sederhana dan tulus, dapat dengan sedikit berpikir tahu bagaimana seharusnya pemerintah bersikap dalam menyelesaikan masalah. namun mereka heran, kenapa tidak ada yang berpikir seperti itu? kenapa tidak ada pemerintah yang menjawab masalah?

mereka marah, solusi yang anak muda yang belum lulus sekolah pun tahu, kenapa tidak dilakukan pemerintah yang isinya doktor dan professor? apa yang ada di dalam pikiran mereka?

kemarahan itu berlangsung terus menerus, hingga anak-anak muda hanya memiliki dua pilihan; yang pertama, terus memikirkan kejahatan negara ini hingga terbakar amarah dan menjadi gila, atau yang kedua, tidak lagi memikirkan carut-marut negara ini lagi dan mulai menyelamatkannya dengan cara anak muda itu sendiri.

akhirnya ya seperti ini, anak-anak muda indonesia yang peduli pada bangsa ini berbakti pada negara dengan menjadi penulis yang merdeka, menjadi enterpreneur yang mandiri, bekerja dengan baik sesuai bidangnya, banyak lagi yang bisa dilakukan anak muda indonesia agar tidak gila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis saja apa yang kau pikirkan