27 April 2011

sakit jiwa part#2

aku    : apa konsultasi ke psikolog itu beneran efektif buat nyembuhin sakit kejiawaan x?
x        : insya allah efektif
aku    : serius x? bantuin aku dong x, aku punya sakit kejiwaan nih. mau ya.
x        : sakit kejiwaan yang kamu maksud yang kayak gimana?
aku    : aku kan sakit x, tapi aku seneng aku sakit, bahkan aku mau terus sakit, tujuanku sih biar bisa diperhatiin sama orang-orang sekitar aku. dulu pas kecil aku merasa kurang diperhatiin. makanya imbasnya kayak sekarang. tadinya malah aku ndak tahu kalau ini sakit kejiwaan x, kirain biasa aja. tapi abis tahu di buku 9mataharinya adenita kalo ndak salah, ternyata ini tuh sakit kejiwaan dan ada namanya. gimana x?
x        : maaf baru bales, baru selese kuliah. kalo aku saranin, mending kamu ke psikolog di klinik a. aja dulu, ceritakan apa yang kamu rasakan. satu yang penting, hati-hati sama labelling, karena itu bisa nempel kuat banget. tindakanmu melabel dirimu itu sebaiknya dihindari.
aku    : labelling?
x        : kamu bilang dirimu mengalami penyakit kejiwaan, itu salah satu labelling. maaf, aku gabisa bantu banyak karena permasalahan kayak gini udah masuk intervensi dan kode etik melarang lulusan s1 (apalagi mahasiswa) untuk memberikan penanganan.
aku    : maksudnya gimana?
x        : ia, kalau aku ngasih terapi ke kamu, aku udah malpraktek. makanya aku rekomendasiin kamu ke psikolog di klinik a aja, mereka dosen-dosenku.
aku    : memangnya aku udah parah banget ya x, sampe harus beneran dateng ke psikolog?
x        : salah satu tantangan buat anak psikologi adalah merubah pandangan masyarakat yang berpendapat bahwa orang-orang yang ke psikolog adalah orang-orang dengan gangguan. padahal ga gitu, orang yang sehat-sehat aja juga gapapa ke psikolog. mau cuma sekedar sharing pengalaman juga gapapa. sakit yang kamu rasain selama ini bener-bener sakit atau cuma ngerasa sakit?
aku     : beneran sakit, tapi kadang terkesan melebih-lebihkan, kalo pas masih kecil sih pura-pura sakit untuk lari dari kesalahan. yaudah, kalau gitu gimana kalau aku sharing dan aku minta masukan sama temen, bukan dari seorang psikolog. mau kan? soalnya susah banget untuk beneran dateng ke psikolog sementara aku ndak ngerasa aku mau sembuh.
x        : kamu nyaman ndak dengan caramu meraih perhatian itu? perasaanmu gimana setelah dapet perhatian sakitmu?
aku    : seneng banget.
x        : kamu ndak capek dengan cara kamu?
aku    : ndak, soalnya aku seneng.
x        : bagaimana kalau ternyata seneng yang kamu dapet cuma seneng semu? dan kesenangan ini akan sangat mungkin berkurang kadarnya karena: 1. kamu merasa perhatian yang orang lain berikan semakin berkurang, padahal cuma perasaanmu. 2. perhatian mereka emang berkurang karena ada pembiasaan dengan situasi ini. aku khawatir dengan semakin berkurangnya kadar perhatian yang kamu rasakan, tubuhmu (atau kamu) akan meresponnya dengan cara membuat sakit yang lebih tinggi lagi kuantitas dan kualitasnya sampe kebutuhan senangmu terpenuhi. kamu bisa coba dengan cara lain, misalnya dengan kamu duluan yang memberikan perhatian pada orang lain.
aku    : ...
x        : disamping itu, kata dosenku, manusia itu ibarat ikan di akuarium. kalo ikannya kembung, ga serta merta kita menyalahkan ikan dan cuma mengobati ikannya. tapi akuariumnya juga perlu diperhatikan. mungkin kotor sehingga kita perlu membersihkannya. dengan kata lain, kamu juga perlu melihat figur-figur (significant others) yang ada di sekelilingmu. mungkin kamu bisa minta bantuan orang lain untuk membersihkan akuariummu. atau lebih bagus lagi kalo kamu yang membersihkannya sendiri. selain itu, berikhtiarlah selalu untuk berdamai dengan masa lalu dan memaafkannya. dan yang terpenting, jangan sampai kebutuhan kita atas perhatian manusia melebihi kebutuhan kita untuk diperhatikan Allah. Wallahu musta'an. Semoga Allah memberi jalan.
aku     : ...

2 komentar:

  1. sakit jar thu paa gan??
    sya loem bc novel 9 matahari..
    jd krg mudeng ma nhe postingan..

    sya mrs "sakit" jg gan??
    penyakit sya bnyk,.
    slh satu na adalah INSOMNIA...

    BalasHapus
  2. @blackdevil: sakit jar itu salah ketik, aku nyebut 'jar' nama temenku, padahal harusnya aku ganti dulu, jadi si x. kurang mudeng karena aku tahu tulisan yang muncul pertama tadi masih jauh dari selesai, dan yang ini udah aku selesaikan. silahkan dibaca ulang. kalau insomnia itu setahuku bisa jadi karena kebiasaan, juga bisa jadi didalem pikiran bawah sadar kita, ada banyak hal yang dipikirkan dan bikin hidup ndak tenang. aku juga sering begitu.

    BalasHapus

tulis saja apa yang kau pikirkan