17 April 2011

amnesia traumatik

belakangan aku bertemu dengan banyak teman masa kecilku yang bertanya banyak tentang kejadian-kejadian dulu. dengan luar biasanya, aku tidak ingat apa-apa. dengan luar biasanya pula, mereka ingat banyak hal. aku meminta maaf beberapa kali karena melupakan banyak hal penting bagi mereka di masa lalu.

kejadian itu membuatku mulai berpikir, kenapa bisa begitu banyak hal yang aku lupakan dari masa kecilku. dan ternyata:

bagiku, masa kecilku sangat buruk.
hubunganku dengan keluargaku saat aku masih kecil, sikapku yang buruk kepada orang lain, hingga pengalaman-pengalaman buruk yang terjadi di hidupku membuatku (tadinya) membenci semua hal.

sekarang aku memang sudah berubah. tidak lagi membenci semua hal. orang-orang yang bersalah padaku sudah kumaafkan. orang-orang yang kuhindari selama ini sudah kutemui. dan kejadian-kejadian buruk yang terjadi pada hidupku dulu sudah kuambil pelajaran.

tapi tetap saja. meskipun dendam telah padam, meskipun aku telah semaksimal mungkin memperbaiki kesalahan-kesalahan masa laluku, dan meskipun aku telah mewaspadai kejadian-kejadian buruk agar tak terulang lagi, masa laluku tetaplah buruk, dan aku tidak bisa mengubah masa laluku.

hal yang paling positif yang bisa aku lakukan terhadap masa laluku adalah dengan melupakannya. melupakan hal buruk yang tidak bisa lagi diperbaiki adalah jalan terbaik untuk tidak terjebak di kesalahan masa lalu dan tidak bisa memulai hidup baru.

beginilah aku dengan hidup baruku: hidup melupakan masa laluku.

aku memang meminta maaf pada teman-temanku ketika melupakan apa yang penting dalam masa lalu di hidup mereka. tapi aku tidak menyesal melupakan masa laluku sendiri karena itu memang yang terbaik bagiku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis saja apa yang kau pikirkan