26 Januari 2012

aku ketika sekolah menengah

aku sedang mencari buku-buku yang ku punya ketika masih sekolah menengah dan menemukan beberapa kenyataan yang harus aku terima tentang diriku.

aku baca buku dan mengumpulkan buku lebih banyak ketika aku masih sekolah menengah, dibandingkan dengan saat aku kuliah seperti sekarang. padahal aksesku pada buku jauh lebih banyak saat ini dibandingkan saat masih sekolah. apa yang terjadi?

kenyataan kedua tentang aku saat masih sekolah menengah adalah aku jauh lebih sering menulis dibandingkan sekarang. aku menulis apapun saat itu. sangat beragam hal yang aku tulis, keragaman itu hampir menyamai tulisan Raffles di bukunya History of Java. sebagian besar tulisanku saat itu tidak begitu penting, namun beberapa tulisan  menunjukkan aku yang dulu telah berpikir sangat jauh kedepan. pikiran-pikiranku dulu melampaui pikiran-pikiranku sekarang terhadap masa depan.

jadi, apa yang harus aku lakukan, diriku yang sekarang, agar tidak kalah pada diriku sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis saja apa yang kau pikirkan