05 Oktober 2012

Buku-Buku yang Berpengaruh

Aku sering wawancara orang di @radiobuku tentang buku yang berpengaruh dalam hidup mereka. Tapi aku sendiri gak pernah ditanya. #sokngartis

Buku berpengaruh bukan buku yang paling kamu suka atau paling terkenal. Tapi paling bikin kamu bisa mengambil sikap karenanya. Aku baca buku sejak SD, tapi mulai mengambil sikap terhadap buku sejak SMA. Berikut sesuai urutan kronologi.

'Menjadi Manusia Pembelajar'- Andreas Harefa. Katanya tugas pertama manusia adalah menjadi dirinya sendiri. Aku sebenernya gak suka self-help book. Tapi sejak baca itu, berproses menjadi diri sendiri penting bagiku. Apapun yang orang bilang.

'The Alchemist' - Paolo Coelho menjadi lanjutannya. Tiap orang punya legenda pribadi, jalan hidup masing-masing. Hasil pilihannya sendiri. Makanya semua yang kulakukan adalah pilihanku. Egoiskah? Barangkali. Tapi aku tidak mau jadi korban. Kalau pun jadi korban, itu pilihanku.

Aku baca buku tentang Palestina dan penjajahan Israel udah lama, tapi 'Palestine, Emang Gue Pikirin?' - Shofwan Al Banna paling berpengaruh. Penjajahan pada Palestina itu kompleks dan besar. Tapi aku seorang biasa sendirian ternyata bisa melakukan sesuatu terhadapnya.

'Lapar: Negeri Salah Urus' - Khudori nampar tentang urusan ketahanan pangan lokal. Masalahnya ribet, rumit, besar. Apalah artinya aku? Maka aku menghindari makanan impor. Juga menghindari konsumsi pangan yang kalau dirunut, ternyata menzalimi oranglain.

Lalu 'The Ringmaster's Daughter' - Jostein Gaarder. Pastilah tentang mempertanyakan kehidupan. Dan bermain-main dengan pikiran. Maka aku menjadi terlalu banyak mempertanyakan. Direndahkan karena mempertanyakan yang tidak perlu ditanya bagi orang lain.

Yang paling baru '1984' - George Orwell. Katanya 'manusia sebenarnya hanya bebas dalam sekian sentimeter kubik dalam kepalanya.' Karena itu bagiku tiap manusia beda hanya karena sekian sentimeter dalam kepalanya. Apa yang dipikirkan, dipercaya, diyakini, diperjuangkan.

Nah sementara buku-buku itu yang berpengaruh dalam hidupku. Ada banyak sekali buku yang kusuka tapi belum kuambil tindakan apa-apa atasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis saja apa yang kau pikirkan