14 Maret 2013

Tiga Doa dan Masjid Ijabah

Masjid Ijabah berdiri tidak lebih dari dua kilometer dari Masjid Nabawi di Kota Madinah. Ia dinamakan dengan Masjid Ijabah karena di lokasi masjid berdiri, Rasulullah dulu pernah berdoa meminta tiga permintaan pada Allah. Dari ketiga doa yang diutarakan Rasul, dua di antaranya diijabah - dikabulkan oleh Allah.

Apa yang Rasulullah minta?

Doa pertama: "Ya Allah, jangan hancurkan ummatku dari bencana kelaparan dan kekeringan yang berkepanjangan." doa ini diijabah oleh Allah.

Doa kedua: "Ya Allah, jangan hancurkan ummatku dari bencana banjir besar yang menenggelamkan seperti yang terjadi pada ummat Nabi Nuh," doa ini pun diijabah oleh Allah.

Lalu apa doa ketiga yang tidak dikabulkan oleh Allah? "Ya Allah, jangan binasakan ummatmu dari perpecahan." Apakah ini berarti kehancuran Islam karena perpecahan yang sekarang marak terjadi ini memang tidak bisa dielakkan lagi? Perpecahan Islam merupakan harga mutlak? Sebuah vonis?

Meski doa seorang Rasul yang mulia tidak diijabah, barangkali manusia hina yang bukan siapa-siapa dan belum pernah berdoa di Masjid Ijabah ini diperkenankan melanjukan permohonan doa Rasulullah yang belum diijabah itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tulis saja apa yang kau pikirkan